Kamis, 21 Juni 2012

Burung Langka di Indonesia

Indonesia memiliki 1.599 jenis burung, atau peringkat keempat di dunia. Tapi, dari 1.599 spesies itu, 234 di antaranya terancam punah,seperti yang diungkapkan Kepala Komunikasi dan Pengembangan Bisnis Burung Indonesia, Henny M. Sembiring di Bogor pada Sabtu (24/7).

Dia juga menjelaskan 234 spesies burung yang terancam punah itu terdiri atas 117 jenis terancam punah, 17 jenis kritis, 30 jenis genting, dan 70 jenis rentan. Berdasarkan pengamatan Perhimpunan Pemerhati Burung Liar Indonesia pada tahun 2009, jumlah burung di dunia sekitar 10.000 spesies, dan 1.599 jenis di antaranya terdapat di Indonesia dengan 353 jenis buruk endemik.

Menurut Henny rusaknya lingkungan membuat burung berpindah ke tempat lain mencari tempat perlindungan yang lebih aman. Kemudian dia menegaskan, makin banyaknya pertumbuhan pembangunan mengurangi jumlah ruang terbuka hijau sebagai tempat tinggal burung-burung itu.

"Burung-burung akan berimigrasi bila tempat tinggalnya tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan dasarnya," kata Henny.

Secara lanjut dia menegaskan bahwa burung merupakan bagian dari ekosistem. Karena itu, akan memengaruhi mata rantai kehidupan sehingga kondisi ini sangat tidak baik untuk kelangsungan hidup manusia.

Hilangnya jenis burung, kata dia, dapat menjadi pertanda bagi masyarakat sekitar dan pemerintah setempat bahwa kondisi lingkungan sudah tidak baik lagi.

Henny mengimbau masyarakat lebih peduli terdapat ancaman kepunahan tersebut dengan menjaga kelestarian lingkungan dan menghentikan perburuan terhadap burung tersebut.(fri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar